Tuesday, April 19, 2016

TAMIYA STB RULES

Aturan Merakit Mobil Tamiya Standart Box (STB)
Dalam lomba tamiya kelas Standart Box (STB) memiliki peraturan atau regulasi sendiri, di Indonesia dikenal juga kelas Standart Cross Box atau lebih dikenal dengan istilah STB cross box. Pada kelas lomba STB cross box kita dapat merakit mobil tamiya dengan menggabungkan beberapa part dari box tamiya yang berbeda dan tidak diperbolehkan menggunakan part diluar box.
Merakit Mobil Tamiya Standart Box (STB)
Merakit tamiya Standart Box (STB) dapat menggunakan kit dengan chassis TZ, AR atau FM. Ketiga jenis chassis ini telah terbukti saat di pakai lomba, dan hasilnya banyak yang menyabet juara
Dalam seting mobil tamiya STB maupun STB cross box sesuai aturan dapat menggunakan 3 pasang roler dan penggunaan akar untuk menambah panjang serta memasang roleh lebih kebelakang selama akar yang digunakan merupakan bawaan paket pembelian kit tamiya. Karena untuk membuat mobil tamiya STB maupun STB cross box hanya boleh menggunakan part bawaan kit tamiya maka kita lebih mudah dalam merakit mobil tamiya STB ini karena hanya merakit tamiya sepresisi mungkin dengan part bawaan kit.
Sebelum merakit mobil tamiya cross box perlu diperhatikan atau diatur agar chassis presisi terlebih dahulu, hali ini perlu dilakukan karena kadang chassis bawaan kit ada yang berpilas karen tertekan pada saat proses packing atau pengiriman. Tujuan dari membuat presisi chassis untuk menjaga mobil tamiya dapat melaju dan melompat saat jumping dengan lurus. Apabila berpilasnya cukup banyak dapat diluruskan dengan cara meredam chassis pada air panas beberapa saat kemudian meluruskannya dengan tangan dan apabila yakin telah lurus dalam kondisi masih dipegang tersebut masukan ke dalam air yang dingin agar posisi tersebut permanen dan chassi menjadi lurus. Untuk mengecek lurus dan ratanya chassi dapat menggunakan kaca seting.
Aturan Merakit Mobil Tamiya Standart Box STB
Seting roller tamiya STB atau STB crossbox dapat menggunakan 3 pasang roller, karena dalam kit tamiya pada umumnya cuma dilengkapi dengan 2 pasang roller maka dapat diambilkan dari roller kit tamiya yang lain. Roller yang cocok digunakan untuk mobil tamiya STB adalah roller bawaan kit tamiya dragon, hal ini karena kit tamiya dragon dilengkapi dengan roller tingkat yang cocok untuk menambah stabilitas mobil tamiya STB atau STB cross box pada saat melewati pindah jalur (inter change) dan tikungan.
Untuk roda atau ban yang cocok untuk kelas STB atau STB cross box adalah roda tamiya dengan ukuran small, hal ini karena diperlukan mobil yang ceper dengan roda bawaan kit tamiya, oleh karena itu perlu dipilih kit tamiya yang dilengkapi dengan ban atau roda berdiameter kecil atau tipe small. Roda atau ban small yang paling populer digunakan oleh para pemain tamiya kelas STB atau STB crossbox adalah roda bawaan kit super x atau super xx tamiya, dimana diameter roda ukuran small dan memiliki tapak yang lebar.

sumur galian

No comments:

Post a Comment